Galeri

Membuka tabir SMAN 1 Padang panjang: Kampus Biru Penuh Prestasi

Sebuah Bangunan biru yg kokoh terlihat megah dilihat dari bawah dua pohon mahoni raksasa yang berdiri seperti benteng sekitar 50 meter dari gerbang kecil sekolah ini. Udara yang sejuk menjadi penyempurna lingkungan sekolah yang bersih dan asri. Taman-taman kecil maupun besar berpadu dengan hijaunya lapangan utama yg terbentang luas tepat di tengah-tengah sekolah ini.
Sekolah ini sangat luas. Kira-kira 2,5 hektar. Di sana sini ada taman yang selalu terawat. Udaranya dingin2-sejuk. Burung yang tak henti berkicau memberikan suara latar yang menambah kemalasan kita untuk segera meninggalkan sekolah ini.
Belum puas?? Lihat, di arah utara menjulang gunung merapi yg sangat megah, diikuti barisan bukit yg berdesak2an. Mereka seolah menyemangati siswa-siswi sekolah ini untuk mengikuti kegiatan2 sekolah dengan baik. Gunung merapi, bukit2 di depan dan belakang, serta langit luas yang mengelilingi sekolah ini seperti lukisan yang sangat indah. sangat menakjubkan.
Tiba2 lautan jilbab putih mengalir di atas jalan utama. Sekelompok siswi dengan seragam SMA yang lebih mirip busana muslimah. Tidak ada aurat yg terlihat. Jilbabnya rapi jali. Anggun, sungguh. Mereka berbondong2 menuju sebuah masjid yang juga indah, Masjid Misbahul ‘Ulum, masjid sekolah itu. Mereka ingin melaksanakan “DuGem” bersama2. “DuGem” bagi mereka adalah “Duha Gembira”, salah satu program yang dibuat para siswa-siswinya sendiri, yaitu melaksanakan Shalat Dhuha berbondong2 di masjid. Subhanallah..tunggu, ternyata guru2nya juga banyak yg shalat Dhuha…Subhanallah..(lagi)..
Bergelimang Prestasi akademis dan ekstrakulikuler
Tahun 2005, Beijing, China, menjadi saksi atas prestasi sekolah ini di tingkat dunia dalam ajang International Biology Olympiade(IBO).seorang siswa SMAN 1 Padangpanjang berhasil mendapatkan Medali Perak(saat itu adalah prestasi orang indonesia tertinggi yang pernah dicapai di Olimpiade Biologi Internasional) di ajang yang mengumpulkan semua siswa/i jenius ahli Biologi se-dunia ini. Australia juga pernah menjadi saksi Prestasi SMAN 1 Padangpanjang dengan meraih Honorable Mention di Olimpiade Biologi Internasional(15th International Biology Olympiad – Brisbane, Australia, 2004). terakhir yang sekolah ini dapatkan adalah berhasil meloloskan 8 siswa/i nya ke Olimpiade Sains Nasional(OSN), tahun sebelumnya 3 orang , 2 tahun sebelumnya 8 orang (1 perak, 1 perunggu) , dan 3 tahun sebelumnya 4 orang(1 emas).
Prestasi-preatasi lainnya juga selalu mendampingi perjalanan SMAN 1 Padangpanjang seperti pertukaran pelajar ke Amerika, Jepang, dan Jerman; lomba2 bidang studi tingkat Sumbar maupun Nasional(pernah pada tahun 2007, sekolah ini menjadi Juara Umum di 3 bidang studi(Kimia, Fisika, dan Biologi) dari 4 Bidang studi yg dilombakan pada lomba Bidang Studi se-Sumbar-Riau-Jambi di Universitas Negeri Padang ); ; mewakili Sumbar dalam Kompetisi UUD Nasional di Gedung MPR RI di Jakarta pada tahun 2009 , dan juga pernah menjadi Juara 1 di Festifal Seni Internasional(FSI) di Yogyakarta pada tahun  2008.  SMA ini juga adalah Sekolah Berstandar Internasional(SBI) dan mendapatkan sertifikat Internasional Standard Organization (ISO).
Prestasi-prestasi inilah yang membuat banyaknya sekolah2 yang mengunjungi sekolah ini, dari SMAN 1 Padang yang bahkan menginap di sekolah ini untuk melihat kegiatan siswa/i nya, sampai SMA 87 Jakarta yang mengunjungi sekolah ini. bukan hanya dari dalam negeri, rombongan kepala sekolah se-Kuala Lumpur, Malaysia, juga pernah mengunjungi SMAN 1 Padangpanjang untuk mengetahui rahasia pembinaan siswa/i nya. “SMA 1 Padangpanjang menarik karena kemampuan siswanya yang bnayak hafal Al Quran 4-10 juz, kebiasaan puasa sunat Senin dan Kamis mayoritas siswa, disamping 95% tamatannya diterima di PTN dan prestasi di olimpiade sains internasional(OSI)” ujar Ketua Rombongan SMS Muar Johor, Tuan Haji Samian B. Sawiyo kepada Padang Today.
Untuk terus menyemangati siswa/i nya, pihak sekolah memasang daftar beberapa prestasi terakhir siswa/i nya di dinding Hall Utama SMAN 1 Padangpanjang. Beberapa prestasi terakhir SMA ini antara lain:

Budaya Islami

SMAN 1 Padangpanjang memang pantas menyandang nama SMA Unggul Sumatera Barat. Karena bukan hanya prestasi2 akademis dan ekstrakulikuler saja yang mereka miliki, tapi juga pemahaman dan penerapan nilai2 Islam yang membuat orang2 berdecak kagum. Budaya Islami di SMAN 1 Padangpanjang memang sudah mengakar rumput, mendarah daging. Semua keluarga besar sekolah ini selalu saling senyum, sapa, dan salam. Bahkan siswa-siswi sekolah ini punya cara bersalaman khusus di lingkungan sekolah ini. Setiap sehari sebelum melaksanakan ujian, seluruh siswa-siswinya berbondong2 ke Gedung Majelis Guru untuk bersalaman kepada semua guru sambil meminta maaf dan restu untuk menghadapi ujian. Bahkan, pernah pada hari senin seorang mahasiswa UI, alumni sekolah ini, ketika bertemu dengan seorang guru yang sedang makan siang, guru ini pun berkata,”Maaf nak, Ibu ndak puaso. Ibu latiah bana hari ko(maaf, ibu tidak puasa. Ibu letih sekali hari ini)”. Sekolah ini pun memiliki slogan yang tak kalah hebat, yang menjadi slogan kebanggaan siswa-siswinya, apalagi siswa-siswi kelas X(sepuluh) yang baru saja diperkenalkan dengan slogan Kampus Biru Sman 1 Padangpanjang ini,: ”BIRRU, BARUU SERUU, ALLAUHUAKBAR!!!”

Apa rahasia kecerdasan siswa-siswi SMAN 1 Padangpanjang?salah satunya adalah pembinaan para siswa/i nya untuk mencintai Al Quran. Karena Al Quran membuat hati siswa/i nya selalu bersih, jiwa mereka tenang, dan cahaya Allah menerangi pikiran mereka sehingga mereka mudah memahami pelajaran. Di sekolah ini ada penghargaan kepada siswa/i nya yang mau menghafal Al Quran. Penghargaan tersebut dipersembahkan oleh sekolah dalam acara Khatmil Hifdzil Quran. Khatmil Hifdzil Quran adalah Acara Wisuda siswa-siswi SMAN 1 Padangpanjang yang hafal Al Quran. Acara ini dilaksanakan sekali dalam 2 tahun. Setiap siswa-siswi SMAN 1 Padangpanjang berhak menjadi peserta dalam Khatmil Hifdzil Quran, asalkan hafal Quran minimal 1 juz. Khatmil Hifdzil Quran terakhir dilaksanakan pada tahun 2009 dengan jumlah penghafal(hafiz & hafizah) 105 orang siswa/i.

Dan satu lagi yang patut kita contoh adalah Program Haram Mencontek yang diterapkan oleh sekolah ini. SMA ini juga bisa dikatakan sebagai pencetus Sekolah Anti Mencontek pertama di Indonesia. “mencontek hanya akan mendidik siswa untuk menjadi pembohong, bahkan koruptor di masa depan. Mecontek hanya membohongi diri sendiri”, begitulah kira2 pendapat mereka tentang mencontek. Budaya anti mencontek ini memang berjalan dengan baik sehingga SMAN 1 Padangpanjang pernah tercatat jatuh ke rangking 61 Ujian Nasional se-Sumbar, tapi meluluskan 90% lebih siswa-siswinya di berbagai PTN favorit di dalam maupun luar negeri, sehingga masih menjadi favorit bagi lulusan SMP se-Sumbar.

Semalam di Asrama
Setelah kegiatan belajar di kelas berakhir, semua siswa/i dan guru kembali ke rumah mereka masing2, kecuali Keluarga Besar Asrama SMAN 1 Padangpanjang, yaitu siswa/i asrama, Ibu dan Bapak Pembina asrama, dan anggota2 keluarga asrama lainnya yang beraktifitas di dapur, ruang makan dan asrama. Mereka tetap menjalankan kegiatan selanjutnya di asrama.
Setelah Keluarga Besar Asrama ini shalat Maghrib berjamaah di Masjid Sekolah,siswa/i asrama akan menjalani Pembinaan Imtaq dan Pemahaman Islam. Kemudian mereka shalat Isya juga dengan berjamaah di Masjid. Nah, setelah inilah waktu bebas yang boleh mereka gunakan untuk hal2 bermanfaat lainnya. Ada yang langsung ke asrama untuk belajar, tapi kebanyakan tetap berada di masjid. ada yang menambah hafalan Quran, ada yang tilawah Al Quran, ada yang Muraja’aah(mengulangi hafalan), bertafakkur, berdoa jauh lebih lama dari teman2nya, berdiskusi, dan—mereka juga manusia—ada yang tertidur pulas sambil duduk dengan Backsound langsung dari mulut.asli. bukan lipsync. Hehe..
Pada malam harinya, banyak yang bangun untuk shalat tahajud ataupun untuk belajar. Sebagaian siswa/i asrama ada yang langsung tidur selesai shalat Isya lalu bangun pada dini harinya untuk belajar. Dan seperti shalat2 lainnya, shalat Shubuh pun dilakukan berjamaah bersama2 Keluarga Besar Asrama.
Sekolah ini memiliki 3 jalur pendaftaran berbeda:
1. Kelas Unggul Sumbar
a. diasramakan di asrama SMAN 1 Padangpanjang yang masih berada di dalam komplek sekolah ini. Dari makan, tidur, mandi, semuanya GRATIS..tis..tis 3 tahun pull. karena semua siswa unggul sumbar langsung mendapatkan beasiswa dari pemerintah.
b. Mendapatkan Pembinaan Imtaq dan Pemahaman Islam setiap hari.
2. Kelas Unggul Padangpanjang (diasramakan dan tidak diasramakan)
3. Kelas Reguler(tidak diasramakan)
Masih penasaran dan ingin melihat langsung? Silahkan ke SMAN 1 Padangpanjang di Jl. KH. Ahmad Dahlan No.9, Kota Padangpanjang.

lihat juga:

SMAN 1 Padang panjang Juara festifal seni nasional( klik ini: http://www.padang-today.com/?today=news&id=6898)
Sman1 padang panjang masih terfavorit(Klik ini: http://padang-today.com/?today=news&d=4&id=7205)
SMAN 1 Padang panjang Khatmil Hifzil Quran (klik ini: http://www.antara-sumbar.com/id/index.php?sumbar=berita&d=5&id=28007 )

SMAN 1 Padang panjang Khatmil Hifzil Quran(klik ini: http://www.islamic-center.or.id/berita-mainmenu-26/islamindonesia-mainmenu-33/787-sma-1-padang-panjang-pencetak-hafiz-quran-)

Sman 1 Padang panjang berbudaya Islami (klik ini: http://muhammadadri.net/2008/04/25/pembinaan-religi-bagi-siswa-sman-1-p-panjang/)

kunjungan dari sekolah menengah Malaysia (klik ini: http://www.padang-today.com/?today=news&d=4&id=1863)

banner dapur diet

By urwatulwutsqa9

14 comments on “Membuka tabir SMAN 1 Padang panjang: Kampus Biru Penuh Prestasi

  1. aku pengen bangget masuk sma 1 padang panjang yang kualitasnya bagus kayag gni………
    hmmm…….mudah2an bisa ya
    amin

  2. KENAPA KOK TERALUSULIT MASUK SMA 1 PD PANJANG INI APA SISWA DILUAR RAYON BISA DITERIMA SAYA SANGAT MENDAMBAKAN SMA .N 1PD PANJANG INI LO…………….

  3. aku pengen bangget masuk sma 1 padang panjang yang kualitasnya bagus kayag gni………
    hmmm…….mudah2an bisa ya
    amin…………MOGA ALLAH MENDENGAR DO’AKU INI YA AKU INI DARI SMP.N 2GUNUNGTALANG( RSBI)
    SAYA SANGAT BERHARAP AGAR KU BISADI TERIMA DI SMA 1PAANG PANJANG INI AMIN MOGA DOAKU INI TERKABUL AMIEN……………………………………………………….

  4. assalamualaikum wr. wb
    saya nino dari Radio Sushi FM padang,,, di sushi ada insert yg bernama ‘LOE HEBAT’, di insert itu kta menyiarkan secara on air biography siswa/siswi sumbar yg berprestasi tingkat nasional / internasional.
    jadi besar harapan kami untuk mengirimkan biography siswa/siswi berprestasi ke email saya… ‘LOE HEBAT’ ini bertujuan untuk memberikan semangat dan contoh kepada pemuda sumbar. terima kasih.

  5. saya muhammad arief
    pengurus osis sman2 plus sipirok

    bgi dunk,,,,,,,,
    no telf Ketua osis yg Sekarang Nue””””’
    soal’a skitar blan maret nanti kmi dari sman2 plus sipirok akan mengadakan study tour kesana……….

  6. assalam

    SAYA angat mendambakan sekolah ini. tapi saya kurang yakin bisa masuk ke sini

    TAPI SAYA AKAN TERUS BERUSAHA AGAR SAYA BISA MASUK SMA 1PADANG PANJANG INI……

  7. ass…..
    Saya tertarik banget ama SMA 1 Padang Panjang nie,pengen bisa sekolah di SMA ini…..hehhehheeee….
    .mdah_mdhan aj bsa msuk

  8. Masuk sekolah ini ternyata susah sekali. NEM yang rata-ratanya 9 hanya bisa mendaftar,belum tentu bisa diterima.😦

  9. rata-rata yang boleh daftar SMA ini 8. dengan nilai palin rendah 7

    Semangat!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s