MEMBANGUN PERCAYA DIRI DALAM PERGAULAN

oleh MEGA YOLANDA

FAKULTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS INDONESIA

Nisa merupakan seorang mahasiswi sebuah perguruan tinggi negeri. Di kampus, Nisa termasuk orang yang pendiam.Setiap selesai kuliah dan mengerjakan tugas ,Nisa selalu ingin cepat-cepat pulang.Di kampus pun dia tidak memiliki terlalu banyak teman.Sebenarnya hal ini sudah dirasakan Nisa sejak duduk di bangku sekolah dulu.Ketika dia SMA, Nisa hanya punya seorang teman dekat yang membuatnya nyaman. Tapi saat ini , temannya tersebut tidak satu kampus dengan Nisa. Masalahnya, Nisa sering kurang nyaman dan tidak percaya diri berada diantara teman-temannya yang lain.

Apa sebenarnya masalah yang sedang dihadapi Nisa ?

Menurut teori Psikologi Sosial, Nisa mengalami  masalah dengan self-esteem atau yang lazim disebut dengan harga diri. Nah, self esteem yang rendah inilah yang membuat seseorang merasa tidak percaya diri dalam pergaulan sosial seperti yang dialami Nisa.

Sebagai seorang mahasiswa , kita harus menghindari sifat ini karena akan menghambat kita untuk berprestasi dan berinteraksi dalam lingkungan sosial.

Ok! Kita intip yuk tips-tips apa saja yang bisa membantu meningkatkan rasa percaya diri dalam pergaulan kita

  • Mengeksplorasi kelebihan-kelebihan yang ada dalam diri

Coba deh buat daftar apa saja hal-hal positif yang ada dalam dirimu . Pikirkan baik-baik apa saja yang  bisa kamu lakukan dengan baik melebihi kemampuan lain.Maksimalkan usaha kamu untuk mencapai yang terbaik dalam hal tersebut.Misalnya jika kamu suka menulis, maka sering-seringlah latihan menulis dan coba kirimkan ke media.

  • Pengakuan dan penghargaan

Cobalah untuk bergaul denagn teman-teman sebaya di kampus atau di lingkungan tempat tinggalmu. Berpikir positiflah terhadap lingkungan tersebut.

  • Berkonsentrasi pada kekuatan  bukan pada kelemahan

Perkuat kekuatan-kekuatan yang ada dalam dirimu.Mencintai dir sendiri adalah hal utama yang harus kamu lakukan.

  • Meningkatkan skill percakapan

Jangan takut untuk berbicara di depan orang lain. Meningkatkan kemampuan bicara dapat membantu kamu merasa nyaman dalam suatu lingkungan pergaulan. Berbicara dengan orang lain tentu ada seninya juga.Kamu bisa belajar dari orang yang menurut kamu lebih ahli, atau bisa belajar dari bacaan lainnya.

  • Jadilah diri sendiri

Dirimu adalah yang terbaik bagi kamu.Cobalahj untuk menerima diri kamu apa adanya. Lihat hal-hal yang positif yang menjadi ciri khas dalam diri kamu.Menjadi diri sendiri adalah kunci dari percaya diri.

  • Perbanyaklah pertemanan dan link dengan orang lain

Mulailah dengan berkenalan dengan setiap orang yang kamu temui. Menyapa ketika bertemu membuat interaksi kamu dengan orang-orang tersebut menjadi lebih baik dan kamupun semakin dikenal.

  • Mengikuti kegiatan yang ada di lingkungan kampus atau di sekitar rumah

Cobalah mngikuti kegiatan atau organisasi yang ada di lingkungan kampusmu. Pilihlah kegiatan yang menurut kamu sesuai dengan minat dan bakat yang kamu miliki. Dengan mengikuti kegiatan-kegiatan tersebut kamu akan terlatih untuk berinteraksi dengan orang lain dan belajar beradaptasi.

Nah, bagaimanapun juga yang mengetahui diri kamu adalah kamu sendiri. Kamu harus memiliki kemauan untuk merubah diri kamu sendiri.

By urwatulwutsqa9

4 comments on “MEMBANGUN PERCAYA DIRI DALAM PERGAULAN

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s