jurusan PSIKOLOGI

psychologyoleh Alvia Rahmah (jurusan Psikologi Univ Indonesia)

Psikologi, siapa yang tidak pernah mendengar istilah ini. Psikologi merupakan salah satu bidang study yang mempelajari tingkah laku manusia. Psikologi adalah bidang study  atau jurusan sangat menarik karena ilmu yang kita dapatkan tidak hanya berguna untuk oranglain tapi juga dapat kita praktik dan gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Ini menjadi sangat menarik mempelajari sesuatu yang sangat dekat dengan kita yaitunya tingkahlaku manusia.

Kita bisa menemukan psikologi sebagai salah satu pilihan jurusan di beberapa universitas di Indonesia. Kali ini saya akan berbicara tentang jurusan Psikologi yang ada di Univeritas Indonesia. Psikologi merupakan fakultas dan jurusan yang berdiri berbeda dengan fakultas lain yang memiliki beberapa jurusan.

Apa yang kita pelajari di Psikologi? Tentu saja semua yang berkaitan dengan tingkah laku manusia. Dalam jurusan Psikologi pada awalnya kita akan mempelajari ilmu dasar psikologi seperti mata kuliah Psikologi Umum, Psikologi Faal, Metodologi Penulisan dan Statistik dan mata kuliah lain yang tak kalah menarik. Psikologi Umum yang mempelajari sejarah dan pengetahuan dasar yang akan berguna dan kita pakai selanjutnya dalam psikolog. Psikologi Faal yang mempelajari bagian otak manusia serta organ tubuh lainnya, ini seperti pelajaran Biologi di SMA namun lebih spesifik yaitu yang berkaitan dengan manusia. Metode Penulisan dan Statistik ini merupakan mata kuliah yang tak kalah penting karena mahasiswa psikologi dituntut melakukan penelitian yang harus dilakukan berdasarkan aturan penulisan psikologi dan mengajarkan kita untuk tidak menjadi plagiator. Tiga mata kuliah diatas merupakan contoh mata kuliah yang cukup serius dan masih banyak mata kuliah yang mengasikkan lainnya. Mahasiswa diberi kesempatan untuk memilih sendiri mata kuliah yang akan mereka pelajari tentunya berdasarkan peminatan apa yang akan mereka pilih pada semester 5 nantinya.

Psikologi mempunyai enam peminatan yaitu psikologi sosial, psikologi pendidikan, psikologi industri dan organisasi, psikologi klinis, psikologi perkembangan dan psikologi eksperimen. Psikologi sosial, disini mempelajari individu dalam sebuah masyarakat. Psikologi pendidikan ini berkaitan dengan dunia pendidikan. Psikologi industri dan organisasi berkaitan dengan industri dan perusahaan. Psikologi klinis merupakan psikologi yang berkaitan dengan perilaku individu itu sendiri. Psikologi perkembangan mempelajari tentang perkembangan manusia dari kecil sampai dewasa. Psikologi eksperimen melakukan berbagai eksperimen tentang perilaku manusia.

Bagaimana prospek kerjanya? Prospek kerja Psikologi cukup luas diantaranya bekerja di HRD sebuah perusahaan, guru BK, psikolog, trainer, peneliti dan banyak lapangan kerja lainnya. Untuk menjadi seorang psikolog, semua mahasiswa Psikologi di Universitas Indonesia harus melanjutkan pendidikan S2 karena lulusan S1 psikologi Universitas Indonesia belum memiliki hak untuk mengadakan praktek psikologi.

Bagaimana? Tertarik dengan Psikologi? Semoga informasi diatas dapat menjadi pertimbangan bagi semua, untuk keterangan lebih lanjut teman-teman bisa hubungi saya dan teman-teman yang kuliah di jurusan Psikologi. SEMANGAT!!!

About these ads
By urwatulwutsqa9

91 comments on “jurusan PSIKOLOGI

  1. haaaaayyooo mari mari masuk jur psikologi… psikologi TOP pokonya mah…
    aku suda mrasakan kug… :)

    -tifa- Fak. Psikologi UNPAD

  2. @ kala dan Intan
    kalo emang niat sok atuh… enak kok kuliah di psikologi..
    kebanyakan ilmunya bener2 bisa kita pake dalam kehidupan sehari2…
    ayo berjuang demi impian…
    kita ngga akan tau betapa menariknya dan sulitnya sesuatu tanpa mencobanya…
    jadi.. hayo semangat!!!

  3. aku tertarik masuk psikologi . yang harus di perhatikan ketika masuk jur psikologi itu apa yah dari test nya ?? test nya gimana aja ?? sekarang aku masih klas 2 sma . jadi masih banyak waktu buat mempelajari nya .. terima kasih :D

  4. @ galih…
    kamu bisa ikut SNMPTN atau ujian masuk lainnya dek… tentunya tergantung universitas mana yang akan kamu masuki… kalau di UI kamu bisa ikut UMB, SNMPTN,SIMAKdan sebagainya…
    ayo semangat!! kamu bisa dek!!

    @galih
    boleh2 aja..itu kan tergantung kita masing2..
    namun ada beberapa universitas seperti UI yang mahasiswa psikologinya ngga diajarkan untuk menggunakan alat ukur… kebanyakan diperusahaan/ dunia kerja itu.. anak sarjana psikologi yang mereka butuhkan itu yang kompeten dalam penggunaan alat ukur…
    gituuu… tapi ada beberapa universitas lain yang udah memperbolehkan mahasiswa S1nya menggunakan alat tes/ alat ukur…
    tapi bukan berarti kamu ngga bisa kerja habis S1…
    gituuu….

  5. SEMANGAT !!
    astaga harus sampe S2 yaa..
    brapa banyak money bakal keluar tuh ..
    apa lagi di UI .. –”

  6. ka, saya SANGAT BERMINAT masuk jurusan psikologi di UI.
    tpi skrg sya tkt gg bsa masuk krna persaingan yang ketat.
    jdi dri UMB,SNMPTN, SIMAK itu yang mna peluang msk lebih besar?
    dan di jurusan Psikologi berpa jumlh mahsiswa yang akn di terima?

  7. kak, saia sudah diterima di jur. Psikologi di salah satu PTN, tp saia tkut seandainya lulus nanti prospek keraja untuk Lulusan Psikologi bnyak ga?? tlong bntuin ngeyakinin saia ya!!
    trims…

  8. @ridha: kalo dari peluang masuknya, yang paling besar tu dari jalur masuk SIMAK UI, karena SIMAK UI menerima lebih dari 50% mahasiswa UI.tapi karena SIMAKnya udah selesai, kamu ikut yang UMB aja, aku juga dulu lulusnya dari UMB.
    jumlah mahasiswa yang diterima kurang lebih 200 orang…
    ayo, semangat, kamu pasti bisa!!!!!

  9. psikologi pendidikan bisa ngak jadi guru..trus klu psikologi industri kerjanya kayak apa..?
    masih bingung nich..!!!?
    tpi minatnya ada ke jurusan ini.
    Kuliahnya bisa sambil kerja ngakkk…?

  10. setahu aku jadi guru itu bisa, tapi diutamakan ngambilnya Psikologi pendidikan.
    tapi biasanya lebih bergerak di bidang bimbingan buat murid.
    trus kalo psikologi industri kerjanya ntar di perusahaan gitu, jadi HRD (human resource development)

    kalo kuliah sambil kerja itu sebenarnya bisa aja. itu tergantung individu masing-masing. bisa bagi waktu apa enggak…. :-) :-) semangat..

  11. ka, kalo ada cowo masuk psikologi itu gmn y ?
    ada sih minat ke psikologi tp entah mengapa sy terlalu memusingkan soal gender, gimanaaa…gitu kalo cowo tp temennya kebanyakan cewe.
    sy cowo, bntar lg mau ikt umb tp msh galau milih jurusan.
    makasih.

  12. ka dhea masih kelz 2 sma, tapi udah minat banget cari tau ttg psikologi dari sekarang, krna rencananya setelah lulus pengennya masuk fak.psikologi..
    tapi bingung banget ka, ngasa ga mampu aja, apalagi masuk UI..
    oia,
    ktanya di fak psikologi ada pelajaran itung”an yang lebih ribet.. bener ga siy ka?
    trus psikologi itu bisa buka praktek kan?, klo mu buka praktek itu kita musti milih psikologi peminatan mana ajah?biasanya klo mu buka praktek gitu, pilih psikologi peminatan apa? makasih ka

  13. @dhea
    emang ada kuliah statistik,,,tapi kalau dipelajari betul-betul jadi enak kok…gak kaya pelajaran itung-itungan di SMA..yang bisa buka praktek itu psikolog..nanti kalau kamu udah jadi psikolog lisensi utk buka prakteknya bakalan ada..
    untuk peminatan,kamu harus tahu dulu mau jadi psikolog apa…kan ada beberapa pilihan yang bisa dipih ada psi.pendidikan, psi.sosial,psi.klinis dewasa, psi.klinis anak, pio..
    contohnya kamu mau jadi psikolog yang nanganin anak berkebutuhan khusus, pilihlah psi.pendidikan…trus kalau mau jadi psikolog kaya pak Sarlito pilihlah psi.sosial

  14. owh gitu ya ka,, nah klo mu ambil jurusan psikolog yang nanganin tentang masalah kepribadian anak tu masuk ke psikolog.penddkan or apa?
    klo psi.klinis dewasa dan psi.klinis anak? maksudnya gimana c ka?
    makasih

  15. kalau kepribadian anak itu lebuh ke klinis anak, kalaw yang pendidikan itu berhubungan dengan p[endidikan anak..
    klinis dwasa tentang masalah2 orang dewasa

    contoh klinis anak : masalah perkembangan anak yang mengalami Child Abuse ( kekerasan anak)..yang kaya gitulah..urusan anak
    kalau yang dewasa itu yang biasa kota ketahui depresi, stress, kekerasan dalam rumahtangga

  16. Kak, saya udah kelas 3 nih, dan bntar lg mau kuliah. Psikologi sy jdikan slh satu opsi dlm pemilihan jurusan. Untuk urusan prospek krja, kbnyakan lulusan psikologi itu karirnya bergerak d mana? Apakah smuanya rata2 buka praktik? Trus kalo d perusahaan, apa cm bs jd HRD? kalo d bidang pemerintahan, lulusan jurusan psikologi bnyak d butuhkan gak?
    Thanks

  17. hem, iya bener..semua berawal dari minat. kalo mau jadi kriminolog itu masuk psikologi dengan peminatan apa ya?
    biaya kuliah di UI untuk jurusan psikolgi tahun ini berapa?
    bisa minta tolong rincian biaya masuknya untuk SIMAK, UMB, dan SNMPTN?
    aku lulusan 2010 smk teknik dan sekarang lagi kerja di salah satu perusahaan swasta di jakarta. planningnya baru mau kuliah tahun depan dan masuk jurusan ini karena sepertinya minatku condong ke sini, sekarang dalam rangka pengumpulan biaya kuliah dulu. apa masi ada kemungkinan untuk saya bisa mengambil studi jurusan psikologi di UI dengan semua keadaan ini?
    terus, untuk plan s2 sebagai studi lanjutannya, apa banyak peluang beasiswa ke luar negeri?
    terima kasi. meengharap balasannya. bisa langsung via email atau ym. (gembukk@yahoo.com)

  18. @wawan
    jurusan apa aja boleh ^_^
    yang penting kamu ada kemauan
    aku juga dari Ipa kok.

    @putri verlita
    Kalo kamu mau jadi kriminolog, menurutku kamu langsung ambil jurudan kriminologi aja, di UI ada kok jurusan kriminologi, di fakultas FISIP. Tapi kalo kamu mau jadi Psikolog yang ada hubungannya dengan kriminologi atau Hukum mungkin kamu bisa ambil perminatan Psikologi sosial.
    Di Indonesia, psikologi emang baru dibagi jadi 6 bagian yaitu psikologi klinis, perkembangan, psikologi umum dan eksperimen, psikologi sosial, psikologi pendidikan, psikologi industri dan organisasi. Tapi kalo di America udah jadi lebih dari 50 begian seiring dengan semakin komplexnya masalah yang dihadapi oleh manusia. Untuk lebih jelasnya kamu buka link ini ya…
    http://himpsijaya.org/file/2008/02/peran_psikolog_-dalam_investigasi_revisi.pdf

    Biaya kuliah di fakultas Psikologi Ui untuk unag pangkal berkisar antara 0-10jt.dan untuk uang semesteran antara 100rb-5jt . Tergantung pada pendapatan dan tanggungan orang tua karena di UI kita pake subsidi silang gitu. Jadi ntar kamu bisa aja bayar diantara range yang akusebutin diatas.

    Biaya masuk untuk SIMAK, UMB, SNMPTN sama aja kayang yang diatas. Paling ntar formulirnya aja yang beda. Kalo SIMAk tergantung banyaknya pilihan yang kamu ambil pas simak, kalo UMB dan SNMPTN sekitar 200rbuan.

    G masalah kamu lulusan mana, yang pentinga kamu ada kemauan buat kuliah. Temen aku ada juga yang dari SMK dan aku liat dia g mengalami masalah yang berarti dalam studinya.
    “Where there is a will, there is a way.”
    Buay beasiswa S2 keluar negri ada banyak n kata orang yang udah ke luar negri sih tergantung kegigihan kamu aja buat terus nyari dan nanya sana –sini.

    OKE, oke, oke,
    Tetep semangat ya!!
    Aku tunggu di fakultas Psikologi UI
    KAMU PASTI BISA!!

  19. Assalamu’alaikum.
    Kebetulan sekali, adik saya minat kuliah di psikology UI.
    Tapi, mengingat biaya di UI dan berhubung kami anak pegawai negeri (Hanya pegawai rendahan), bisa nggak ya kuliah di sana???

  20. waalaikumussalam.di ui murah kok. uang kuliahnya tergantung kesanggupan orang tua. malah ada yang bayar 100 ribu per semester. buka saja website ui di http://www.ui.ac.id atau hubungi nomor telp di dalam websitenya. semangat!^^

  21. aq udah kuliah di ilmu komunikasi..tapi ingin banget terusin kuliah di jurusan psikologi..kira-kira bisa ga iia ambil s2 psikologi dan jadi psikolog?
    -makasii-

  22. @w15h05h1
    kalo dari jurusan lain pingin ambil s2 psikologi biasanya ntar ada matrikulasinya dulu sebelum mulai kuliah. Tapi g bisa jadi psikolog juga, karena kalo jadi psikolog kuliah S1 dan S2 nya harus di psikologi. Bisanya ambil program magister aja, tapi bukan profesi psikolog.

  23. aku mau masuk jurusan psikologi

    tp kalo psikologi terapan masuknya ke psikologi apa kak ??
    n di UI susah gk masuk ke jurusan psikologinya kak ??

  24. lulusan psikologi kalo di perusahaan selain bagian HRD, banyak di bagian apa yaa? Rencananya saya ingin ambil psikologi, tapi masih takut prospek kerjanya tidak seluas FE, FH, atau lainnya

  25. @aviva
    kalo mau mau di psikologi terapan, di S1-nya g ada lagsung peminatan seperti itu, itu ntar adanya di s2-nya. di Si ntar ada peminatan. di Psikologi UI ada 5 peminatan: psikologi pendidikan, psikologi klinis, perkembangan, sosial, dan Psikologi industri /organsasi. kalo kamu mau terapan, ntar ambil di S2 nya. untuk lebih lengkapnya bisa liat http://psikologi.ui.ac.id/

    Kalo masalah susah nggaknya , itu tergatung usaha kamu. Ingat!! Usaha itu berbanding lurus dengan hasil yang akan kita dapatkan.

  26. aku mau maduk psikologi sosial,
    tapi aku jurusan SMK(TKJ) apakah bisa masuk kuliah bagian psikologi ???
    tolong sarannya ya ka ..?
    makasih . :*

  27. @ike
    jurusan apapun di tingkat sma, bisa masuk jurusan psikologi kok. yang penting lulus tes masuk PTN, hehe
    yang penting kamu ada keinginan/impian dan mau memperjuangkan
    impian kamu.

    SEMANGAT!!!

  28. Kak, masuk psikologi itu susah gak ya ? Aku pengen banget masuk psikologi , tapi takut kalah bersaing , aku di sekolah ga menonjol dalam pelajaran , nilai2ku juga standar2 aja . Padahal aku pengen banget masuk fak. Psikologi .,,

  29. g kok, yang penting usaha, sering-sering latihan soal aja.
    ingat! where there is a will, there is a way.
    SEMANGAT..!!

  30. q pengin banget masuk psikologi…
    tapi aku dari jurusan bahasa, bisa masuk psikologi gak?
    teruss, buat s1, lpangan pkrjaan’a seluas apa?

  31. batesan umurnya berapa kak? kalo yang udah pernah kuliah (fresh grad), kan umur nambah tu, mau ambil S1…apa bisa? trus kalo ambil S2 ada martikulasinya dulu… haduh, kayaknya peluangku ga ada ya?!?!?!

  32. mbak, mau tanya nih. emang kalo psikolog cuma lulusan S1 prospek kerjanya dikit gitu?? harus nglanjutin s2 kah??

  33. Ass.wr.wb
    Saya muhamad buchori , saya masih kelas 2sma nih , ada niat masuk fak.psikologi di UI .
    Kalo mau jadi psikolog dirumah sakit itu psikologi apa ya ? Terus selain itu kalo lulusan psikologi kerjanya jadi apa dan dimana aja ? Trims wass.wr.wb

  34. kak, klo masuk psikologi katanya harus pinter ngomong ya? aku tertarik si masuk psiko, tapi aku gak pinter ngomong, klo disuruh presentasi aja ketar-ketir. kata orang tuaku aku gak cocok masuk psiko, krn diem bgt, sementara kan psiko katanya tugas2nya banyak tugas wawancara.padahal yang dipelajari kayaknya menarik :(((

  35. aku pengen kuliah ngambil jurusan psikologi ,, sumpah pengeeeen bgt .. :(

    tapi jaraknya jauh ,,
    okelah saya baru kls 2 SMA , jadi saya bisa memikirkannya lagi :D
    semangat

  36. Kk,, nurma pgen bget jdi psikolog..
    Skrg bru klas 3smp..
    Tpi,, bingung nie mslah biaya. S1 ajj udh puyeng, plgi s2,
    tlg sran-ny kk,
    mksh

  37. kak,Q kn lulus d jursn kebidanan kira2 ,klo mau masuk psikolog?ada peluang gak?klo ada! jurusn ap yg cocok bwt profesi Q,yg skiranya ymbung sma jurusan Q_

  38. Saya mau banget bisa masuk jurusan psikologi UI . Tp saya takut gak bisa , krna saya sadar kemampuan saya . Gmn yah kak ?

  39. Mau tau dong kak , buat masuk jurusan psikologi , perlu banyak- mmpelajari apa yah, atau baca buku apa gtu ?

  40. hemmmmm . .
    makasih yahh wad info.a..
    tulisan kakak sangat bermanfaat.. *_^

    I LOVE IT ;-)

  41. Ass.kak,aku mau nanya .aku skrg kelas 3 dan masi bingung mau ngmbil jurusan apa .aku pngen bnget jadi guru,tapi aku juga suka belajar tntang psikologi.menurut kk,saya harus ngambil pendidikan swktu kuliah or psikologi.,?mksh kak sbelumnya

  42. mau bgtbgtbgt masuk fak.psikologi tapi mikirin biaya,persaingan yang ketat dan ini itunya ka…
    ap lagi aku di SMK jurusan Akuntansi,kan ga nyambung !

  43. Assalamu’alaikum…
    ka, sy Indri Lulusan Tahun 2010-2011, sy sudah bekerja masuk pagi sampai sore.
    dari semenjak LULUS sy berminat sekali masuk Psikologi, sy fakum setahun dulu untuk mengumpulkan uang agar bisa biaya sendiri.
    namun saya bingung nanti di Tes Psikologi itu mgenai apa j??
    krn Psikologi it Cenderung ke Pelajarang Biologi (waktu SMA), sedangkan sy dr Jurusan Administrasi Perkantoran.
    nah,, sy menanyakan Hal itu?? kira2 yg di Tes itu mgenai apa j ketika mau Masuk Jurusan Psikologi? lalu ada Kuliah Malam’y g?? dri jm 5an Sore gtu?? Lalu bisa disesuaikan dg pendapatan qt ga untuk biaya’y??
    mohon konfirmasinya.
    Terima kasih.

  44. . kak , agku pngnd masuk fak. psikologi , tetapi ortu kayak nya ngelarang agku , karna tkut gg adda prospek kerja nya , aku bingung kak harus gmna ? , buleh berbagi numbz hp kak ?

  45. hello. Salam dari Malaysia. Saya mahu bertanya, apakah contoh2 kerjaya psikologist yang memberi gaji yang lumayan? Behaviour analyst? Forensik psikologist? IO? dan lain2..

  46. ayuu mau bangettt…cri info lebih detailnya gmana yah kak?.ni hubungn kka gmana gda info yg bsa d hubungin,untk skdar brtnya..

  47. Bukan ngomong sih, tapi dibutuhkan kemampuan bahasa yang baik. Bukan hanya untuk berkomunikasi dengan orang lain tapi juga dalam membuat tugas, menulis laporan. Kemampuan itu bisa dipelajari kok. Kalo udah berada dalam lingkungan yang maksa ngomong, kita bakal bisa kok. Maaf yah baru dibales. :(

  48. @Mphie Machipelzt Hehe… Iyah sebaiknya dipikirkan baik2 mau ke jurusan apa. Mungkin kalau perlu coba2 ikut tes bakat minat. :) Semangat.

  49. @Norma nazila gk semua universitas mahal kok Nurma. :) Masih ada beasiswa yang bisa kamu kejar buat kuliah. Kalau soal S2, kamu bisa kerja dulu sebelum lanjut kuliah lagi. Soal jurusan yg cocok… Sebenarnya dua2nya sama saja kalau kamu ingin kuliah di psikologi UI, UGM karena psikologinya IPC. Tapi kalau di UNPAD itu leih ke IPA. Semoga bisa membantu meski telat. :)

  50. @eva harviana hmmm… kalau mau jadi psikolog itu dasarnya adalah S1 psikologi kemudian lanjut pendidikan profesi psikologi eva :)

  51. @Widya tri ningrum hmmm… ada baiknya kamu coba tes bakat dan minat widya, kamu bisa tau sebenarnya kemampuan kamu sesuai tidak dengan minat yang kamu punya. :) Untuk masuk tentunya mempelajari soal2 SNMPTN, tidak ada bacaan khusus menurut saya. Tapi tidak ada salahnya membaca2 buku psikologi populer untuk menambah wawasan. :) Semangat widyaaa…

  52. @lha jrs bisa kalau kamu mau berusaha. kalau di UNPAD itu psikologinya lebih ke IPA. selamat berjuang :)

  53. @Annisa mungkin sekarang udah nentuin pilihannya ya? Saya telat sekali membalas komennya, maaf :( Suka tentang psikologi kamu bisa membaca dari berbagai sumber kan Annisa? :) Tidak harus terjun ke jurusan psikologi kok, dan kamu bisa tetap jd guru. :) Semoga menemukan jurusan yg tepat :)

  54. @ieQy kyuhu masih bisa kalau kamu berusaha dan lulus SNMPTN, mungkin agak berat tapi bukan mustahil lho. :) Semangat :)

  55. @ainnun Kamu biasanya harus melalui tes SNMPTN yg terdiri dari TPA dan tes SNMPTN lain misal IPA dan IPS yang memang membutuhkan pengetahuan mengenai pelajaran IPA dan IPS. :) Dulu ada namanya ekstensi, yaitu mahasiswa yang kuliahnya malam namun setau saya di UI sudah tidak ada lagi. UI memang menerapkan BOP berkeadilan yg disesuaikan dengan pendapatan orang tua/ masing2 mahasiswa. :) Maaf baru bisa membalas, semoga bermanfaat. :)

  56. @rizka purpayana putri prospek kerjanya sih tidak sesempit itu, hampir kebanyakan sarjana psikologi bekerja di kantor sebagai HRD, atau guru disekolah khusus, bekerja di kantor konsultan dan sebagainya. :) Untuk menghubungi saya, kamu bisa email saya aja, Insyaallah lebih cepat saya respon dbanding disini. email saya rahmah.alvia@gmail.com semoga bisa membantu :)

  57. @LilyNrman hello, salam kenal Lily. Tergantung perusahaan atau pekerjaannya Lily. beberapa psikolog yg saya kenal memiliki gaji besar di perusahan yg juga besar sebagai HRD, ada juga yg menjadi konsultan psikologi dan berbeda2 memang. :)

  58. @muhammad luthfi agak jauh ya tersesatnya. hehe… :) Tapi kuliah di jurusan teknik informatika bukan berarti tidak bisa menikmati ilmu2 psikologi yg menakjubkan kan Luthfi? Kamu masih bisa membaca berbagai buku psikologi. Nikmati saja jurusan sekarang, dan lakukan yg terbaik yaaa… :)

  59. @liena d3 apa ya liena? Kalau psikologi setau saya itu tidak ada. :)

  60. @alifa setau saya masih bisa selama kamu lulus SNMPTN :) Cukup luas seperti di konsultan psikologi, guru di sekolah luar biasa, HRD, dsb. :)

  61. @Yenni Rismayana memang agak sulit kalau kamu mau masuk S1 psikologi PTN negri, kamu bisa mencoba di swasta mungkin kemudian lanjut S2 di PTN. :)

  62. @destina kalau dilihat jenisnya memang kecil namun konsultan dan perusahaan yg ada di Indonesia kan bukan hanya satu.

  63. @khokho waslm buchori… Kamu bisa ambil profesi psikologi klinis dewasa kalau ingin kerja di RS. Untuk pertanyaan kedua saya sudah menjawab di beberapa pertanyaan sebelumnya ya. :)

  64. @astie amiiinnn… belajar yg rajin dan persiapkan diri buat lulus UN dan SNMPTN aja astie. Selamat berjuang. :)

  65. @Norma nazila tergantung universitas mana yg mau kamu pilih norma, amannya sih IPA kamu bisa pilih lebih banyak universitas :)

  66. @Widya tri ningrum belajar IPA dan IPS iar lulus SNMPTN widyaa… Semangat yaaa :)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s